Jumat, 10 Agustus 2012

Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Pencernaan Anda

Inilah Liputan Terbaru tentang Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Pencernaan Anda. Saluran pencernaan adalah bagian tubuh yang sering mendapat keluhan saat mengonsumsi makanan. Saluran cerna ini berfungsi untuk menyerap nutrisi dalam makanan dan mengeluarkan bagian makanan yang tak diserap dari tubuh. Kesehatan Pencernaan pada manusia merupakan salah satu faktor utama untuk mengantarkan manusia agar tetap selalu terjaga untuk kesehatan manusia, untuk itu mari kita selalu menjaga kesehatan kita dengan selalu mengkonsumsi Nutrisi yang dibutuhkan oleh kesehatan.

Saat saluran cerna tidak bekerja dengan optimal, proses diet pun akan terganggu. Salah satu cara agar saluran pencernaan Anda tetap sehat saat berdiet adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat.
Serat Larut dan Tak Larut
Ditinjau dari segi kelarutannya, ada dua jenis kandungan serat yakni, serat larut dan serat tak larut. Namun, keduanya memiliki fungsi yang saling berkaitan untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Serat larut akan membantu memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga difermentasi oleh bakteri baik yang terdapat di dalam usus lebih baik.
Sedangkan serat tak larut akan membantu menahan air serta menambah berat dan volume feses sehingga lebih mudah dikeluarkan, membuat kenyang lebih lama dan juga memperlambat penyerapan gula.
Serat dan Fungsinya
Serat merupakan nutrisi penting untuk menunjang kesehatan. Tak hanya untuk saluran pencernaan tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini manfaat serat bagi kesehatan tubuh Anda.
  • Mencegah dan mengatasi sembelit atau konstipasi
  • Membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama
  • Mencegah kanker kolon (usus besar)
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu dalam terapi diet untuk berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan saluran cerna.
    Nasi merah, gandum, dan kacang-kacangan adalah contoh sumber makanan yang kaya serat. Serat juga bisa Anda dapatkan dalam sayuran dan buah-buahan segar seperti brokoli, buah pir, tomat, pepaya, dan masih banyak lagi. Tak hanya kaya serat, sayuran dan buah-buahan juga kaya akan vitamin dan mineral yang akan membantu tubuh Anda berfungsi lebih optimal.
    Nah, mulai sekarang, pastikan konsumsi serat Anda senantiasa tercukupi setiap harinya. Demi pencernaan yang sehat dan demi keberhasilan diet Anda.

    Postingan kali yaitu Nutrisi  Penting untuk pencernaan pada kesehatan manusia. inilah postingan kali ini semoga menambah cakrawala tambahan bagi para pembaca. Selamat mengunjungi blog kami.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar